4 Manfaat Crowdfunding Bagi Start Up yang Baru Tumbuh

Start up mengalami perkembangan cukup pesat selama beberapa tahun belakangan bahkan bertranformasi menjadi sebuah tren model bisnis baru. Pada waktu yang sama, investor memiliki peranan krusial dalam menjaga keberlangsungan perusahaan rintisan. Di lain pihak, jenis permodalan crowdfunding OJK menawarkan jangkauan investor yang lebih luas dibanding cara konvensional.

Keuntungan Crowdfunding untuk Start Up

1. Menawarkan suku bunga kompetitif

Berbeda dengan perbankan atau lembaga keuangan lain yang sama-sama memberikan fasilitas pinjaman modal, crowdfunding menjanjikan suku bunga lebih kompetitif bagi para pelaku usaha. Diperkirakan bunga flat per tahun sebesar 6,48-17 persen. Itu berarti, Anda akan menyetorkan suku bunga yang sama setiap tahunnya.

Di samping itu, proses yang harus ditempuh oleh pendiri start up juga relatif praktis dan cepat, namun tetap aman. Pasalnya, Anda pun diberikan kemudahan ketika menjalani proses registrasi platform khusus crowdfunding Indonesia, di mana mekanisme perbankan atau lembaga keuangan lain biasanya cenderung lebih kompleks.

2. Dilakukan secara online

Anda bisa segera memperoleh dana hanya dengan melampirkan proposal start up pada platform pilihan. Terlebih modal yang ditawarkan biasanya jenis equity crowdfunding atau urun dana, di mana para investor berhak mendapatkan saham sekian persen dari perusahaan rintisan Anda.

Registrasi yang dilakukan secara online memungkinkan mekanisme berjalan lebih sederhana dan singkat. Di samping itu, tidak perlu biaya tambahan untuk mengakomodir mobilitas Anda. Hanya perlu menunggu dalam kurun waktu tertentu, pendiri start up sudah bisa mendapatkan modal. Tentunya, dengan syarat membuat investor tertarik lebih dahulu.

Tak hanya itu, equity crowdfunding berbasis online tidak memerlukan jaminan atau uang muka. Para pelaku bisnis dimungkinkan untuk mencari relasi tanpa harus membayar layanan kepada platform itu sendiri. Hal yang paling penting adalah Anda mampu mengembalikan pinjaman modal sesuai kesepakatan yang berlaku.

3. Keamanan platform terjamin

Tidak perlu khawatir dengan keamanan data sebab situs crowdfunding Indonesia menjamin data pengguna, bak investor maupun pelaku usaha. Dikatakan bahwa tidak mudah diretas oleh siapa pun, terutama karena platform tersebut berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Menawarkan jangkauan relasi lebih luas

Platform crowdfunding Indonesia menawarkan jangkauan relasi yang lebih luas kepada pelaku usaha. Dalam hal ini, sebagai pendiri start up Anda punya peluang berinteraksi dengan banyak investor. Kuncinya terletak pada daya tarik proposal bisnis, di mana semakin menarik maka potensi dilirik pemberi modal akan semakin tinggi pula.

Dari banyaknya platform crowdfunding, Anda harus memasukkan amartha.com dalam daftar prioritas pilihan. Pasalnya, situs ini mampu mampu menghubungkan para investor dan pengusaha mikro dengan pinjaman modal. Cocok bagi para pendiri start up karena unggul dalam aspek berdaya saing dan memberi dampak sosial signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *