Tubuh Lebih Sehat dengan Ketahui Kebutuhan Kalori Harian Anda

Memenuhi kebutuhan kalori harian, merupakan hal yang penting untuk Anda perhatikan, agar Anda tidak cepat lelah saat beraktivitas. Kalori merupakan satuan yang digunakan untuk menunjukkan berapa banyak energi yang Anda dapatkan dari makanan dan minuman. Untuk itu Anda perlu memperhatikan asupan kalori harian Anda.

Kalori yang berasal dari konsumsi  makanan dan minuman, kemudian akan diubah menjadi energi melalui proses metabolisme. Sehingga energi ini bisa digunakan oleh tubuh untuk beraktivitas. Sedangkan sisa kalori yang tidak dapat diubah menjadi energi akan disimpan di dalam tubuh sebagai jaringan lemak. Oleh karena itu, konsumsi makanan berkalori tinggi akan menyebabkan kenaikan berat badan jika tidak disertai dengan olahraga yang teratur. Bahkan pada kasus yang parah, akan terjadi obesitas sehingga rentan memicu penyakit lainnya.

Kebutuhan Kalori Harian

Jumlah kalori yang dibutuhkan setiap orang tentu berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin, usia, tinggi badan dan berat badan, serta metabolisme tubuh dan aktivitas yang mereka lakukan. Pada umumnya, pria dewasa membutuhkan sekitar 2.000–2.500 kalori per hari, dan wanita dewasa membutuhkan sekitar 1.600–2.000 kalori per hari.

Kebutuhan kalori tersebut merupakan perkiraan untuk orang sehat dengan aktivitas fisik tingkat sedang, seperti pekerja kantoran.

Perhitungan kalori mungkin berbeda dari orang sehat pada orang dengan penyakit tertentu seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung, atau pada orang yang sangat aktif secara fisik seperti atlet. Sehingga dibutuhkan asupan jumlah kalori yang tentu berbeda untuk pemenuhan kebutuhan kalori harian.

Sumber Kalori

Kalori dalam makanan dan minuman berasal dari berbagai zat gizi seperti karbohidrat, protein, gula, dan lemak. Setiap makanan dan minuman memiliki jumlah kalori yang berbeda. Saat mengonsumsi makanan atau minuman kemasan, label kandungan kalori biasanya tertera pada kemasan. Label kalori ini dapat digunakan untuk memastikan Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak atau terlalu sedikit kalori.

Konsumsi kalori harian harus diberikan dalam jumlah yang tepat, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Konsumsi kalori yang berlebihan akan menyebabkan obesitas dan penyakit lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Namun, jika Anda mengalami kekurangan kalori, Anda akan kehilangan berat badan dan menjadi lebih kurus.

Tips Menurunkan Berat Badan

Kalori yang Anda konsumsi akan diubah menjadi energi atau disimpan sebagai lemak tubuh. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mengurangi asupan kalori dan melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara teratur selama 30 menit setiap hari.

Ketika  akan mengurangi asupan kalori Anda untuk menurunkan berat badan, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini :

  • Tingkatkan asupan protein dan karbohidrat kompleks untuk mempercepat metabolisme dan mengontrol nafsu makan.
  • Hindari makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 2 liter sehari. Biasakan juga untuk minum segelas air putih 30 menit sebelum makan untuk mengurangi nafsu makan.
  • Berolahraga dengan intensitas sedang untuk menghindari rasa lelah.
  • Penting untuk diingat bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda tergantung pada usia, aktivitas, metabolisme, dan kesehatan.

Apabila Anda masih bingung untuk menentukan jumlah asupan kalori yang sesuai atau memiliki kondisi medis tertentu, lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter gizi sehingga Anda akan mendapat rekomendasi dari dokter tentang kebutuhan kalori harian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *